Bagaimana mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, terutama pada awal konsep ini diajarkan (di kelas IV), yang selama ini menggunakan teknik dengan garis bilangan ternyata banyak menimbulkan kesulitan bagi siswa.

Hal ini disebabkan karena penggunaan garis bilangan memiliki tingkat keabstrakan yang tinggi. Disamping itu penggunaan garis bilangan untuk menemukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat juga menambah pekerjaan dan beban bagi guru karena memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk menjelaskan teknik penggunaan garis bilangan tersebut. Bagi siswa tentu lebih merepotkan lagi, karena ia harus menggambar, dan memperkirakan panjang garis untuk nilai positif dan negatif sebelum menemukan hasilnya.
Kesulitan lain yang tak kalah memberatkan adalah kesulitan guru menjelaskan konsep pada pengurangan seperti berikut -2 – (-3). Bagaimana menjelaskan teknik mencari hasil operasi tersebut pada garis bilangan? Tentu ada tekniknya, tapi apakah kita yakin konsep tersebut dapat dipahami anak?
Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada tahap awal sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan melalui garis bilangan. Penggunaan chip (kepingan) berwarna dapat mempermudah membantu siswa memahami proses ini. Konsep dasar penggunaan chip ini dapat kita modifikasi ke dalam bentuk yang lain yang lebih murah dan mudah membuatnya (ingat prinsip pemilihan media pembelajaran).
Salah satu bentuk modifikasi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan potongan kertas berbeda warna yang dibuat membentuk kartu. Caranya, buatlah kartu dari karton dengan ukuran proporsional dengan dua warna berbeda untuk melambangkan bilangan negatif dan positif. Misalnya warna merah dan hijau. Buatlah kartu sejumlah kebutuhan.
Nah, sekarang bagaimana cara kita mengajarkan penggunaan kartu ini. Prinsipnya kita mengumpulkan kartu bilangan yang mewakili bilangan positif dan negatif ini dalam suatu himpunan. Hasilnya tergantung dari kegiatan kita menambah anggota himpunan atau menguranginya. Dalam hal ini kita menentukan warna merah meawakili bilangan negatif dan hijau bilangan positif.
Contohnya untuk mencari hasil dari 5 + (-6), kita masukan 5 kartu berwarna hijau, karena opersi hitung yang kita lakukan adalah penjumlahan maka sekarang kita tambahkan 6 kartu berwrna merah. Kartu-kartu tersebut kemudian kita pasangkan. Kartu yang telah berpasangan berarti netral atau bernilai 0. Kartu yang tersisa (tidak memilki pasangan) merupakan hasil dari operasi penjumlahan. Karena yang tersisa adalah satu buah kartu berwarna merah maka hasil dari 5 +(-6) adalah -1.
Nah sekarang bagaimana dengan operasi pengurangan. Kita ambil contoh 5 – (-6). Tekniknya sedikit berbeda dengan penjumlahan. Karena ada dua tanda (-) maka kita siapkan pasangan kartu (merah dan hijau) sebanyak 6 pasang. Kedalam himpunan kita masukan 5 kartu berwarna merah dan 6 pasang kartu yang telah kita siapkan tadi. Karena operasi hitung yang kita lakukan adalah pengurangan maka kita akan mengambil kartu berwarna tertentu. Dalam hal ini (-6) maka kita ambil (keluarkan) 6 kartu berwarna merah dari himpunan. Lihatlah apakah kartu yang tersisa ada yang dapat kita pasangkan (bila ada maka pasangan kartu tersebut bernilai 0 (tidak diperhitungkan). Pada soal ini yang tersisa adalah 11 kartu berwarna hijau, maka hasil dari 5 – (-6) adalah 11.
Nah bagaimana, apakah teknik ini akan lebih memudahkan siswa memahami materi pembelajaran? Sebelum mereka sampai pada tahap penghitungan secara abstrak (melalui pengumpamaan negatif sebagai hutang, turun, atau mundur dan positif sebagai modal, naik, atau maju).
Saya kira pemnggunaan teknik ini lebih memudahkan siswa. Karena siswa SD pada hakekatnya belajar dari konsep konkret ke abstrak. Nah, untuk mebuktikannya cobalah di kelas anda. Atau anda sudah menerapkan teknik ini sejak lama.

About these ads

3 responses to “Bagaimana mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s